2024-03-08

Makrifat Tak Bertepi dan Tak Berujung


Allah SWT berfirman kepada Dawud a.s.:

"Aku bersumpah pada diri-Ku sendiri bahwa Aku tidak akan memberi pahala kecuali kepada hamba yang sudah Aku ketahui semangat pencarian dan kehendaknya untuk memeluk-Ku dan terus menerus membutuhkan Aku. Jika engkau melakukan itu, maka Aku akan mencabut kehinaan dan kebringasan dari dirimu. Aku pun menjadikan hatimu kaya raya.

Aku bersumpah pada diri-Ku sendiri bahwa hamba-Ku tidak akan pernah merasa tentram melihat semua perbuatannya sendiri sampai Aku menunjuknya sebagai wakil-Ku yang mengerjakan semua perbuatan itu.

Sandarkanlah semua urusan kepada-Ku. Janganlah engkau berbuat sesuatu yang berlawanan agar engkau tidak merasa lelah.

Siapa pun teman yang bersamamu tidak akan memberimu manfaat apa-apa. Engkau tak akan pernah menemukan batas akhir makrifat, sebab memang tidak ada batas ujungnya.

Jika engkau terus menerus meminta tambahan makrifat, maka pasti Aku berikan juga. Sayangnya, kau tak akan pernah mencapai batas akhir tambahan-Ku itu." 

(Dikutip dari Kitab Mahabbah, Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali)

KOMENTAR