2024-03-26

Makna Esoterik Lafadz Basmallah


“Para Sufi berkata, rahasia Al-Quran berada dalam Al-Fatihah. Rahasia Al-Fatihah berada dalam Bismillahir Rahmanir Rahim. Intisari Bismillah berada dalam Huruf Ba. Dan di bawah huruf itu terdapat titik. Titik di bawah Huruf Ba itulah yang mewujudkan seluruh jagat raya.” 

Tuhan di dalam Dzat-Nya adalah laysa kamitslihi syai’un, tan kena kinaya ngapa, tak bisa dikenali sama sekali. Tuhan di dalam Dzat-Nya adalah suwung, sunya, kekosongan abadi, dan itulah Titik Ba. Tetapi, dalam kesuwungan-Nya, segala potensi keberadaan terkandung di dalamnya, suwung hamengku ana (kekosongan yang memangku keberadaan). 

Lalu, secara misterius, dalam Titik Ba itu kemudian muncul kehendak, ego pertama di jagat raya, dan itulah Ismu Allah, Ingsun, pribadi pertama di jagat raya yang belum mengenal dualitas. Ismu Allah ini kemudian ingin dikenali segenap potensi yang dikandung-Nya, lalu muncullah positif dan negatif, on dan off, lingga dan yoni, purusha dan prakrti, lelaki dan dan perempuan, Bapa Angkasa dan Ibu Pertiwi, Ang dan Ah, dan itulah Rahman-Rahim. 

Melalui dualitas Rahman Rahim itulah jagat raya kemudian tergelar sedemikian rupa. Titik Ba—Ismu Allah—Rahman-Rahim—Jagat Raya. Bismillahir Rahmanir Rahim. Kang gumulung bakal gumelar, kang gumelar bakal gumulung. Hong wilaheng sekaring bawana langgeng...

Load comments